6 Tips Mengatasi Bahu Tegang

6 Tips Mengatasi Bahu Tegang
Ilustrasi. Foto: theseanbarkesclinic

jpnn.com - BAHU tegang atau bahu kaku memang menjadi masalah yang sering dialami baik pria maupun wanita. Bahu tegang disebabkan oleh posisi duduk yang sama dalam waktu yang lama, kram otot bahu, berolahraga berat atau kegiatan aktif lainnya. 

Bahu tegang adalah masalah umum yang ditandai dengan rasa sakit dan kekakuan pada sendi bahu. Hal ini bisa membuat hal-hal sederhana seperti meraih sesuatu atau membawa tas tangan menjadi sangat sulit. 

Jika Anda menderita bahu tegang, inilah yang perlu Anda lakukan, seperti dikutip kembali dari India Times, Rabu (21/10).

1. Kunjungi spesialis.

Seorang dokter bisa membedakan antara apa yang disebut bahu tegang primer dan sekunder. Jika Anda menderita bahu tegang sekunder itu berarti bahwa ada alasan lain mengapa bahu tegang dan menyakitkan. Seringkali, alasan ini bisa diobati dan disembuhkan dan bahu pulih lebih cepat. Untuk diagnosa, pemeriksaan klinis yang baik bersama-sama dengan USG bahu adalah normal tapi kadang-kadang MRI diperlukan.

2. Tahu tahapannya.

Nyeri dominan pada tahap pertama dan kekakuan dominan di tahap kedua. Bahu tegang adalah penyakit self-limiting, yang berarti bahwa akan muncul lebam biru pada bahu namun hilang dengan sendirinya. Namun, periode waktu antara pembekuan dan pencairan bisa berkisar dari 3 bulan sampai 2 tahun.

3. Dapatkan injeksi tepat waktu.

BAHU tegang atau bahu kaku memang menjadi masalah yang sering dialami baik pria maupun wanita. Bahu tegang disebabkan oleh posisi duduk yang sama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News