60 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Jepang, Tanam 10 Ribu Pohon

60 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Jepang, Tanam 10 Ribu Pohon
Penanaman 10 ribu bibit pohon meranti. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, PEKANBARU - Dalam rangka merayakan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jepang, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melakukan penanaman 10 ribu bibit pohon meranti.

Penanaman dilakukan bersama perwakilan bisnis kedua negara, the International Tropical Timer Organization (ITTO), Japan Agency for Environmental Business, serta pemerintah Indonesia di Minas Tahura, Riau.

Kegiatan ini menjadi bagian dari peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara yang ditandai dengan hubungan bisnis yang erat, termasuk ketika APP menjadi salah satu perusahaan Indonesia yang melebarkan sayapnya ke Jepang di awal 1990-an.

“Keberhasilan APP Sinar Mas mencatat perolehan 20 persen pangsa pasar kertas fotokopi di Jepang mencerminkan kepercayaan konsumen Jepang pada kami sejak 25 tahun lalu. Tidak hanya dari sisi kualitas produk yang tinggi, tapi juga dari sisi komitmen kami dalam menjalankan bisnis berbasis kehutanan yang berkelanjutan,” ungkap Chairman APP Sinar Mas Jepang Tan Ui Sian dalam keterangan tertulisnya.

Dijelaskan, sejak meluncurkan Kebijakan Konservasi Hutan (FCP) pada 2013 silam, APP Sinar Mas telah menaruh prinsip-prinsip keberlanjutan sebagai penggerak utama bisnisnya. Hal ini sejalan pula dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang diadopsi negara-negara dunia dua tahun kemudian demi menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

“Kegiatan penanaman pohon selain turut memperkuat kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan Jepang, juga berkontribusi terhadap tiga dari 17 tujuan utama SDGs, yaitu mitigasi perubahan iklim, perlindungan keanekaragaman hayati, dan mendukung kehidupan masyarakat,” sambung Tan.

Chairman of Japan Agency for Environmental Business Mitsunori Kamiya pun menegaskan pentingnya inisiatif semacam ini bagi masyarakat dan pasar Jepang. Untuk mencapai SDGs di tahun 2030 mendatang, seluruh unsur masyarakat dunia termasuk sektor swasta Indonesia dan Jepang perlu bahu-membahu menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan.

“Kami amat mengapresiasi APP Sinar Mas atas kerja sama penanaman pohon hari ini, maupun berbagai inisiatif lain yang telah diambil untuk memastikan keberlanjutan usahanya di bawah FCP,” ucap Kamiya.

Penanaman 10 ribu bibit pohon meranti dilakukan sebagai bagian perayaan 60 tahun hubungan bilateral RI – Jepang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News