600 Perusahaan Korsel Ancam Relokasi

600 Perusahaan Korsel Ancam Relokasi
600 Perusahaan Korsel Ancam Relokasi
ASOSIASI Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat mencatat 600 pengusaha asal Korea Selatan siap-siap angkat kaki dari Indonesia. Para investor ini mengaku tidak nyaman dengan status hukum yang berlaku di Indonesia. Kini ratusan perusahaan itu sudah mengumpulkan data masing-masing melalui Duta Besar (Dubes) Korsel di Jakarta.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat Deddy Wijaya mengatakan, perusahaan milik Korsel yang akan meninggalkan Indonesia sudah terkumpul melalui Duta Besar Korea Selatan di Jakarta. ”Sebenarnya, jika ada kepastian hukum di Indonesia, mereka masih ingin menanamkan modalnya. Namun, jika tidak ada kepastian hukum maka mereka angkat kaki dalam waktu dekat ini,” katanya.

Deddy mengaku, latar belakang keinginan hengkang para investor ini terjadi saat demontrasi buruh di Bekasi beberapa waktu lalu. Di mana sebagian besar perusahaan milik pengusaha Korsel itu dirusak oleh buruh. ”Banyak pengusaha asal Korsel yang menangis setelah melihat perusahaannya itu dirusak oleh buruh,” ucapnya.

Seluruh perusahaan yang sudah siap angkat kaki, kata Deddy, berkedudukan di daerah Bekasi, Karawang, Subang, dan Purwakarta. Rata-rata perusahaan itu sudah menanamkan investasi di Indonesia selama 10 tahun. ”Pertumbuhan setiap tahun sampai 0.67 persen, investasi yang diberikan setiap tahun,” jelasnya.

ASOSIASI Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat mencatat 600 pengusaha asal Korea Selatan siap-siap angkat kaki dari Indonesia. Para investor ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News