605 Koperasi Kalteng Mati Suri

605 Koperasi Kalteng Mati Suri
605 Koperasi Kalteng Mati Suri
PALANGKARAYA-  Masa depan koperasi di Kalimantan Tengah (Kalteng) masih belum jelas. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Kalteng per 31 Desember 2009 hanya ada 1.799 koperasi. Padahal, sebelumnya di daerah ini mencatat total lembaga ekonomi rakyat itu berjumlah 2.402 unit di seluruh Kalteng.

Dari jumlah koperasi 1.799 itu, 605 tidak memiliki kegiatan sama sekali alias mati suri karena selama dua tahun berturut-turut tidak melakukan rapat anggaran.

“Kebanyakan koperasi di Kalteng bubar dengan sendirinya, walaupun pemerintah punya hak membubarkan koperasi yang tak aktif,” kata Kepala UPT Balai Latihan Koperasi dan UMKM, Dinas Koperasi Provinsi Kalteng Yasmin.

Dijelaskan, Dinas Koperasi Kalteng tetap berupaya melakukan pembinaan untuk memperbaiki manajemen serta menghidupkan koperasi kembali. Caranya dengan melakukan amalgamasi berupa penggabungan beberapa koperasi menjadi satu. Dimana terhadap kewajiban koperasi-koperasi lama dilakukan penyelesaian sebelum koperasi itu bubar ketika terjadi penggabungan. Di dalam penggabungan koperasi terjadi penyatuan harta kekayaan.

PALANGKARAYA-  Masa depan koperasi di Kalimantan Tengah (Kalteng) masih belum jelas. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Kalteng per 31

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News