61 Ribu Lebih Kendaraan Lintasi GT Cikarang Utama

61 Ribu Lebih Kendaraan Lintasi GT Cikarang Utama
Suasana lalu lintas tol Jakarta Cikampek, Senin (13/3/2018). Foto: Imam Husein/Jawa Pos

jpnn.com, CIKAMPEK - Tercatat sebanyak 82 ribu kendaraan melintasi GT Cikarang Utama arah Cikampek pada puncak libur panjang Hari Raya Paskah 2018, Kamis (29/3).

Jumlah itu meningkat 31 persen dibandingkan volume lalu lintas harian normal sebanyak 63 ribu kendaraan.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan pada hari pertama libur panjang Paskah, Jumat 30/3, tercatat 61 ribu lebih kendaraan, melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama arah Cikampek.

"Meski begitu kondisi lalin di Jalan Tol Jakarta-Cikampek terpantau lancar, kepadatan hanya terjadi saat pagi hari saja," ujar Dwimawan lewat siaran persnya, Sabtu (31/3).

Kepadatan tersebut disebabkan karena ada beberapa lokasi bottleneck di KM 29, KM 33 dan KM 38, serta karena makin diminatinya jalur Jakarta-Cikampek sebagai jalur alternatif pemudik yang menuju Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur dan sekitarnya.

Untuk mengurai kepadatan lalu lintas di lokasi bottleneck tersebut, Jasa Marga berkoordinasi dengan Kepolisian melakukan sejumlah upaya, di antaranya optimalisasi kapasitas lajur dengan contra flow KM 29 - KM 44 dari pukul 08.40 - 14.00.

Selain itu mengoptimalkan kapasitas transaksi di GT Cikarang Utama dengan mengoperasikan 16 gardu operasi.(chi/jpnn)


Kondisi lalin di Jalan Tol Jakarta-Cikampek terpantau lancar, kepadatan hanya terjadi saat pagi hari.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News