63 Siswa Unas di Malam Hari

63 Siswa Unas di Malam Hari
Foto ilustrasi dok.Jawa Pos/JPNN

jpnn.com - KEDIRI - Gangguan pelaksanaan ujian nasional (unas) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat juga terjadi di Kediri, Jawa Timur.

Puluhan siswa SMKN 3 Kediri yang seharusnya mengikuti unas gelombang pertama terpaksa menjalani unas pada sore hingga malam hari. Sebab, sinkronisasi server pusat dengan server sekolah terhambat kemarin pagi.
     
Berdasar laporan Jawa Pos Radar Kediri, ada 63 siswa SMKN 3 yang mengikuti unas online kemarin. Mereka dibagi dalam dua ruangan. Sesuai dengan jadwal, pukul 07.30 siswa sudah siap di depan komputer untuk memulai unas online. Tetapi, saat mereka akan mengoperasikan, komputer tidak dapat diakses.

"Tadi sudah login dan memasukkan token (kode untuk mengakses soal unas online, Red). Tapi, mata ujinya tetap nggak mau kebuka," ucap Putri Arimbi, salah seorang siswa SMKN 3, kemarin.
       
Kondisi tersebut membuat siswa bingung. Sebab, hal itu tidak hanya dialami satu siswa. Semua siswa juga tidak bisa login atau masuk ke sistem unas online.

Setelah semua berusaha mencoba beberapa kali, termasuk menghubungi teknisi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Server SMKN 3 akhirnya baru terhubung sekitar pukul 09.00 atau sekitar 90 menit dari waktu ujian.

Karena terjadi keterlambatan 60 menit dari waktu ujian yang sudah ditentukan, pihak sekolah lantas meminta siswa keluar dari ruang ujian. "Silakan ke musala untuk pengumuman lebih lanjut," kata seorang guru SMKN 3 kepada puluhan siswa yang menunggu di luar ruangan.
         
Insiden di SMKN 3 tersebut mendapat perhatian dari Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Kediri Siswanto. Pria yang kemarin sedang mengecek suasana unas di sejumlah sekolah di Kota Kediri itu langsung menuju SMKN 3 untuk mengambil kebijakan lebih lanjut.
         
Setelah Siswanto melihat isi petunjuk teknis (juknis), akhirnya 63 siswa yang semestinya mengikuti unas sesi pertama diminta menjalani unas sesi keempat atau sesi terakhir.

"Tadi kami berkoordinasi dengan Kemendikbud dan bisa mengikuti unas sesi keempat. Mulai pukul 17.00 sampai pukul 19.00," jelas Siswanto. (wan/owi/ina/fim/jpnn/kim)

 


KEDIRI - Gangguan pelaksanaan ujian nasional (unas) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat juga terjadi di Kediri, Jawa Timur. Puluhan siswa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News