64 Persen Guru SD tak Pernah Pelatihan

64 Persen Guru SD tak Pernah Pelatihan
64 Persen Guru SD tak Pernah Pelatihan
JAKARTA – Sekretaris Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti mengatakan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia belum membaik. Fakta ini berdasarkan penilaian pada kualitas guru, sarana dan prasarana pendidikan belum menunjukkan kemajuan. Bahkan berdasarkan survey FSGI di 29 daerah, kata dia, ditemukan fakta mencengangkan, yaitu 64 persen guru sekolah dasar (SD) tidak pernah mengikuti pelatihan.

"Bahkan ada di antara mereka yang tidak pernah pelatihan sampai pensiun," kata Retno Listyarti dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (2/1).

Data lain yang yang diungkapkan FSGI yakni adanya seorang guru SD yang terakhir kali menerima pelatihan tahun 1980, dan guru-guru di kota rata-rata hanya mengikuti pelatihan 1 kali dalam 5 tahun.

Menurut Retno, hal itu menunjukkan betapa minimnya pelatihan yang diberikan kepada guru. Padahal guru merupakan aktor utama yang paling berperan dalam kemajuan pendidikan murid-muridnya.

JAKARTA – Sekretaris Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti mengatakan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia belum membaik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News