7 Alasan Sehat Mengonsumsi Jahe Saat Sarapan

7 Alasan Sehat Mengonsumsi Jahe Saat Sarapan
Jahe. Foto IST

jpnn.com - Jahe banyak digunakan sebagai bumbu makanan, bahan dasar atau campuran minuman, kue, dan lain-lain. Selain itu, jahe juga telah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk keperluan medis. Punya beragam manfaat yang terbukti secara ilmiah, inilah alasan kenapa Anda perlu mengonsumsi jahe saat sarapan sebelum memulai hari.

Jahe digunakan dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk segar, kering, bubuk, hingga minyak. Bila ditambahkan ke dalam menu sarapan, inilah sejumlah manfaat yang bisa didapat.

1. Mual

Salah satu penggunaan umum jahe bagi kesehatan adalah untuk mengurangi keluhan mual. Penyebab mual seperti mabuk perjalanan, pasca kemoterapi, atau kehamilan bisa ditangani dengan cukup efektif lewat konsumsi jahe.

Selain itu, jahe jarang menimbulkan efek samping dan cukup aman untuk dikonsumsi dalam kondisi yang memerlukan perhatian khusus, misalnya kehamilan.

2. Memperlancar pencernaan

Jahe diyakini bisa membantu memperlancar pencernaan, terutama pada orang-orang dengan keluhan dispepsia, yang sering kali ditandai dengan nyeri atau ketidaknyamanan di area ulu hati.

Jahe ditemukan bisa mempercepat pengosongan lambung, sehingga membantu mengurangi keluhan tersebut.

Punya beragam manfaat yang terbukti secara ilmiah, inilah alasan kenapa Anda perlu mengonsumsi jahe saat sarapan sebelum memulai hari.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News