7 Dampak Positif Konsumsi Baking Soda bagi Kesehatan

7 Dampak Positif Konsumsi Baking Soda bagi Kesehatan
Baking soda. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Anda suka membuat kue? Kalau iya, Anda pasti sudah tidak asing dengan baking soda. Akan tetapi, tidak hanya berguna untuk membuat kue mengembang sempurna, baking soda berdampak baik pada kesehatan.

Menurut ahli gizi, Keri Glassman, MS, CD, mineral sodium bikarbonat alami yang sering disebut sebagai baking soda, memiliki banyak manfaat.

“Selain untuk membersihkan perabot rumah dan memutihkan gigi, ternyata baking soda dapat meningkatkan kesehatan dengan cara membuatnya menjadi minuman,” ujar Glassman.

Baking soda yang dicampurkan dengan air putih ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

1. Memperbaiki sistem pencernaan
Apabila Anda bermasalah dengan perut, campurkan 1 sendok teh (sdt) baking soda dengan satu gelas air setiap pagi. Larutan ini akan menjaga pH yang sehat pada sistem pencernaan Anda untuk mendapatkan pencernaan yang baik, meminimalkan gas lambung, dan pergerakan usus yang baik.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Gangguan pada sistem aliran darah dan jantung akan membuat cepat lelah, gangguan pencernaan, kekebalan tubuh menurun dan pada kasus yang lebih berat dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan sistem pernapasan, dan gangguan aliran darah lainnya. Campurkan 1 sdt baking soda dengan 1 gelas air setiap hari untuk mendetoksifikasi dan meningkatkan aliran darah.

3. Mengurangi rasa kembung
Untuk mengurangi gas lambung yang berlebihan, Anda dapat mengurangi rasa tidak nyaman ini dengan mencampurkan 1 sdt baking soda dengan ¾ gelas air. Hal ini bermanfaat untuk mengembalikan pH menjadi netral sehingga gas lambung dapat menurun produksinya, kondisi asam dan enzim dapat kembali netral.

4. Memelihara kesehatan ginjal
Ginjal adalah organ penting yang menjalankan fungsi tubuh. Sebuah studi di Royal London Hospital, ada 134 pasien dengan gangguan ginjal kronis mengonsumsi baking soda setiap hari secara rutin. Selain juga dilakukan perawatan pada ginjalnya, hasil menunjuk adanya penurunan dari penyakit ginjal mereka dibandingkan dengan pasien yang tidak mengonsumsi baking soda. Dengan mencampurkan 1sdt baking soda dengan segelas air akan menjaga keseimbangan hormon, mengatur pH tubuh, meningkatkan asupan nutrisi, dan kualitas aliran darah yang dapat menjaga kesehatan ginjal Anda.

Bukan sekadar menjadi campuran dalam makanan, baking soda yang dicampurkan dalam air dan diminum punya dampak baik bagi kesehatan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News