7 Kiat Mencegah Tertulari Virus Corona

7 Kiat Mencegah Tertulari Virus Corona
Ilustrasi warga memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - Kepanikan penularan virus corona menyebabkan kelangkaan masker dan hand sanitizer di sejumlah toko dan apotek. Hal inilah yang harus disikapi dengan bijak.

Memang, melindungi diri dari coronavirus itu sangat penting. Namun, bila melakukannya dengan cara yang tidak bijak dan rasa panik yang berlebihan, hal ini justru akan menghambat pencegahannya!

Untuk itu, berikut ini beberapa tips efektif mencegah virus corona dengan aman tanpa khawatir berlebihan!

1. Jangan Panik

Tidak ada gunanya bila menghadapi penyebaran virus corona dengan rasa panik berlebihan atau paranoid. Menurut dr. Alvin Nursalim Sp.PD dari KlikDokter, rasa panik yang tidak wajar hanya akan membuat Anda cenderung sulit berpikir rasional.

Bila bertindak gegabah dan terburu-buru, Anda akan sulit mengambil keputusan yang tepat terkait pencegahan virus corona.

Kalau kepanikan dibiarkan hingga menjadi kronis, dapat berisiko membuat seseorang menjadi stres secara psikis dan memengaruhi kekuatan imunnya.

2. Hati-hati saat Berada di Keramaian dan Transportasi Publik

Melindungi diri dari coronavirus itu sangat penting. Namun, bila melakukannya dengan cara yang tidak bijak dan rasa panik yang berlebihan, hal ini justru akan menghambat pencegahannya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News