7 Kiat Mengatasi Biduran Tanpa Obat

7 Kiat Mengatasi Biduran Tanpa Obat
Ilustrasi gatal pada kulit.

jpnn.com - Biduran dalam istilah kedokteran dikenal sebagai urtikaria. Penyakit ini ditandai dengan adanya ruam menonjol berwarna merah pucat seperti bentol pada kulit yang muncul secara tiba-tiba dan terasa sangat gatal.

Kondisi biduran biasa dikaitkan dengan reaksi alergi, namun dapat juga dicetuskan oleh berbagai hal seperti stres, pengobatan, gigitan atau sengatan serangga, infeksi, suhu dingin, paparan sinar matahari, hingga kondisi mendasar lainnya. 

Menghindari dan mengatasi biduran tanpa obat

Mencari tahu pencetus dari biduran merupakan hal yang penting untuk menghindari penyakit ini. Sehingga, kondisi berulang tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Namun, bila Anda terlanjur terkena biduran, berikut ini adalah cara mengobati biduran dan mempercepat proses penyembuhannya:

1. Gunakan kompres dingin

Meletakkan sesuatu yang dingin pada kulit dapat membantu meringankan iritasi. Gunakan handuk untuk membungkus segenggam es, letakkan pada area biduran hingga 10 menit.

Cara mengatasi biduran yang satu ini dapat Anda ulangi sesuai kebutuhan. 

2. Mandi dengan Larutan Anti Gatal

Biduran memang sering dianggap sepele. Namun, Anda tetap harus berupaya menerapkan cara menyembuhkan biduran seperti yang telah disebutkan agar keluhan ini tidak melulu mengganggu.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News