JPNN.com

Penyebab dan Cara Mengatasi Puting Gatal saat Menyusui

Minggu, 29 September 2019 – 12:39 WIB Penyebab dan Cara Mengatasi Puting Gatal saat Menyusui - JPNN.com
Ibu Menyusui. Foto: FamVeld/Shutterstock

jpnn.com - Menyusui merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap ibu yang baru saja melahirkan. Sayangnya, menyusui bukanlah perkara mudah seperti mengedipkan mata. Ada saja masalah yang bisa terjadi, salah satunya puting gatal saat menyusui.

Apakah Anda salah satu ibu yang juga mengalami masalah puting gatal saat menyusui? Tenang, Anda tidak sendiri. Puting gatal saat menyusui merupakan permasalahan yang kerap dialami, terutama oleh ibu yang baru pertama kali melahirkan dan menyusui.

Dikatakan oleh dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, puting gatal saat menyusui bisa terjadi akibat berbagai faktor. Rasa gatal yang timbul pun bisa berbeda-beda tingkat keparahan pada tiap ibu yang mengalaminya.

“Untuk mengobati puting gatal, sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara sesuai dengan penyebabnya. Maka itu, ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya, baru Anda bisa mengobatinya,” ujar dr. Sara.

Penyebab dan solusi puting gatal saat menyusui
Berikut adalah penyebab puting gatal saat menyusui dan cara terbaik untuk mengatasinya:

  • Iritasi pada kulit payudara

Adanya iritasi pada kulit payudara adalah penyebab utama keluhan puting gatal. Iritasi biasanya terjadi akibat puting yang ‘kaget’ karena disedot oleh bayi untuk pertama kalinya.

Kondisi akan diperparah jika ibu sudah memiliki keluhan penyakit kulit sebelum melahirkan. 

Tapi, tenang saja, rasa sakit dan gatal akibat hal tersebut hanya berlangsung sementara. Menurut dr. Sara, ketika ibu sudah terbiasa menyusui si Kecil, rasa gatal atau sakit pada puting bisa hilang dengan sendirinya.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...