JPNN.com

Manfaat Sayuran Pahit untuk Ibu Menyusui

Jumat, 27 September 2019 – 23:15 WIB Manfaat Sayuran Pahit untuk Ibu Menyusui - JPNN.com
Sayuran pare. Foto Regreto/Shutterstock

jpnn.com - Setelah masa hamil dan saat melahirkan berlalu, tibalah saatnya seorang ibu menyusui bayinya. Di masa ini, konsumsi sayuran pahit untuk ibu menyusui dipercaya secara turun-temurun bisa menambah produksi air susu ibu (ASI). 

Proses menyusui
Masa menyusui merupakan saat yang paling penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Banyak sekali nutrisi penting bagi otak dan perkembangan bayi yang bisa diperoleh dari ASI.

Sayangnya, sebagian ibu menyusui hanya fokus pada pemberian nutrisi bagi bayi dan malah melupakan kecukupan nutrisinya sendiri. Padahal, kecukupan nutrisi bagi ibu sangat penting agar proses menyusui dapat berjalan lancar.

Menyusui terdengar seperti aktivitas yang ringan-ringan saja, tapi sebenarnya tidak semudah itu untuk dijalankan. 

Sebagian ibu memang memiliki produksi susu yang berlimpah, sehingga tidak ada masalah berarti dalam proses tersebut. Namun, ada pula ibu yang memiliki berbagai kendala dalam menyusui. Antara lain jumlah ASI yang sedikit, puting tenggelam, atau adanya penyakit-penyakit tertentu sehingga membuat ibu tidak dapat menyusui.

Itulah alasannya dibutuhkan pasokan nutrisi mumpuni agar ibu dapat memproduksi ASI dengan lancar dan bahagia. Nah, salah satu hal yang sangat memengaruhi produksi ASI adalah makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Semakin berkualitas makanan Anda maka ASI yang diberikan untuk bayi juga semakin berkualitas. Sebaliknya, semakin buruk kualitas makanan ibu maka kualitas ASI juga semakin buruk.

Agar kualitas ASI tetap baik, Anda harus mengonsumsi makanan dengan jumlah yang cukup dan komposisi yang tepat. Komposisi ini harus terdiri dari makronutrien berupa karbohidrat, protein, dan lemak; serta mikronutrien berupa vitamin dan mineral. Tidak lupa, ibu menyusui juga harus mengonsumsi cairan yang cukup.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...