Nikmati 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan

Nikmati 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan
Sayuran pare. Foto: Boldsky

jpnn.com - Libur Lebaran sudah usai. Setelah sekitar seminggu Anda memanjakan diri dengan aneka hidangan lebaran dan makanan bersantan serta kue-kue dan minuman manis, kini saatnya memperbanyak makan sayur. Salah satu sayuran sehat yang patut Anda konsumsi usai liburan adalah pare. Meski pahit, manfaat pare bagi kesehatan patut diperhitungkan.

Di Barat, pare disebut sebagai bitter melon. Pare sebenarnya semacam anggur tropis yang masih satu keluarga dengan labu, zucchini dan mentimun. Sayuran pahit ini dibudidayakan di seluruh dunia dan kerap dijadikan makanan pokok dalam banyak jenis masakan Asia.

Meski begitu, ada perbedaan varietas pare Cina dengan pare India. Pare Cina memiliki bentuk panjang, warnanya hijau pucat dan kulitnya ditutupi oleh benjolan-benjolan menyerupai kutil. Sedangkan pare India bentuknya lebih kecil, kulitnya lebih bergerigi dan ujungnya jauh lebih lancip. Tapi, soal rasa dan manfaatnya, keduanya tidak memiliki perbedaan sama sekali.

Manfaat pare untuk kesehatan

Meski bentuknya kurang menarik dan memiliki rasa yang pahit, pare terbukti mampu mendatangkan segudang manfaat sehat sebagai berikut:

1. Menyumbang gizi penting yang dibutuhkan tubuh

Dalam satu cangkir pare mentah (94 gram), terdapat karbohidrat, serat, vitamin C yang tinggi (93%), vitamin A, folat, kalium dan zat besi. Bagi Anda yang ingin menjaga sistem kekebalan tubuh agar tak mudah sakit usai libur Lebaran, mengonsumsi pare bisa jadi solusinya. Bahkan, antioksidan yang dimilikinya juga dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan.

2. Menekan kadar kolesterol dan gula darah

Salah satu sayuran sehat yang patut Anda konsumsi usai liburan adalah pare. Meski pahit, manfaat pare bagi kesehatan patut diperhitungkan.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News