7 Longest Indonesia: Khansa Syahlaa Taklukkan 3 Puncak Paling Menantang di Sulawesi

7 Longest Indonesia: Khansa Syahlaa Taklukkan 3 Puncak Paling Menantang di Sulawesi
Pendaki Khansa Syahlaa berhasil mendaki tiga puncak gunung yang dikenal paling berat di Pulau Sulawesi. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Khansa Syahlaa (15) dan ayahnya Aulia Ibnu bersama tim dari Organisasi Pecinta Alam Kirana Sawerigading berhasil mencapai 3 puncak yang dikenal paling sulit didaki tanah Celebes.

Puncak Gunung Toelangi (3.016 mdpl), puncak Gunung Balease (2.984 mdpl),  dan puncak Gunung Kabentonu (2.886 mdpl) yang terbentang luas di wilayah Masamba dekat perbatasan Sulawesi Selatan dan Suini merupakan rangkaian program "7 Longest Indonesia" atau pendakian dengan 7 rute terpanjang di Indonesia.

Siswi yang duduk di kelas 1 SMA Labschool Rawamangun, Jakarta Timur ini mengambil rute melalui Desa Bantimurung, kecamatan Bone-bone, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan selama 12 hari yaitu dari 21 Desember hingga 1 Januari 2022.

Mereka berhasil mencapai Puncak Toelangi di hari ke-5 dan Puncak Balease di hari ke 6. Karena memakan waktu belasan hari dengan medan yang sulit dan sumber daya air yang terbatas metode survival dan strategi yang matang diterapkan dalam pendakian ini.

Seperti menanam logistik dan menampung air hujan untuk minum demi bertahan.

Setelah Puncak Balease dimulailah pembukaan jalur menuju Puncak Kabentonu yang sudah tertutup karena sudah bertahun-tahun lalu (2012) terakhir didaki. Salah satu hal yang tersulit.

Dibutuhkan 2 hari hanya untuk membuka jalur menuju camp terakhir yang berjarak sekitar 1,3 km menuju puncak.

Sehingga mereka memutuskan untuk melakukan pendakian tektok.

Khansa Syahlaa (15) dan ayahnya Aulia Ibnu bersama tim dari Organisasi Pecinta Alam Kirana Sawerigading berhasil mencapai 3 puncak yang dikenal paling sulit didaki tanah Celebes

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News