7 Manfaat Membaca Buku Bagi Kesehatan

7 Manfaat Membaca Buku Bagi Kesehatan
7 Manfaat Membaca Buku Bagi Kesehatan

jpnn.com - MEMBACA buku selama ini diketahui dapat membuat pembacanya menjadi berwawasan lebih luas dan lebih pintar. Namun nyatanya, rutin membaca buku juga memberi manfaat terhadap kesehatan tubuh anda.

Berikut 7 manfaat sehat membaca buku:

1. Mempermudah membaca pikiran dan perasaan orang lain

Sebuah studi yang dirilis awal bulan ini menunjukkan bahwa menikmati bacaan sastra dapat membantu memperkuat kemampuan anda untuk membaca pikiran. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Science ini menunjukkan bahwa membaca karya sastra seperti fiksi dapat memupuk keterampilan yang dikenal sebagai teori pikiran, yaitu kemampuan untuk membaca pikiran dan perasaan orang lain.

2. Membuat rileks

Sedang stres? Ambillah sebuah buku novel. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 di Mindlab Internasional, University of Sussex, menunjukkan bahwa membaca adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi stres, bahkan mengalahkan aktivitas seperti mendengarkan musik, menikmati secangkir teh atau kopi, dan berjalan-jalan.

"Tidak peduli buku apa yang anda baca, asyik membaca dapat menghilangkan kekhawatiran dan tekanan dari luar," kata peneliti, Dr David Lewis, seperti dilansir laman Huffington Post, Kamis (28/11).

3. Menjaga otak tetap tajam

MEMBACA buku selama ini diketahui dapat membuat pembacanya menjadi berwawasan lebih luas dan lebih pintar. Namun nyatanya, rutin membaca buku juga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News