7 Miliarder Rusia Ini Dihajar Sanksi AS: Ada Master Judo dan Koki Putin

7 Miliarder Rusia Ini Dihajar Sanksi AS: Ada Master Judo dan Koki Putin
Yevgeny Prigozhin (kiri), salah satu oligark Rusia yang dijatuhi sanksi oleh pemerintah Amerika Serikat karena kedekatanny dengan Presiden Vladimir Putin (tengah). Foto: Misha Japaridze/AP

jpnn.com, WASHINGTON DC - Amerika Serikat pada Kamis (3/3) menjatuhkan sanksi kepada sejumlah miliarder Rusia yang dekat dengan Presiden Vladimir Putin.

Pengusaha yang oleh Barat dicap sebagai oligarki tersebut diketahui mengarahkan, memberi wewenang, mendanai, secara signifikan mendukung, kebijakan luar negeri Rusia.

"Orang-orang ini dan anggota keluarga mereka akan terputus dari sistem keuangan AS; aset mereka di Amerika Serikat akan dibekukan dan properti mereka akan diblokir dari penggunaan," kata Gedung Putih seperti dilansir Dailya Mail.

Pemerintah Amerika Serikat juga mengatakan kemungkinan untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi terhadap miliarder Rusia masih terbuka.

Di Ukraina pada hari Kamis, dua kota terbesarnya, Kyiv dan Kharkiv, tetap berada di bawah kampanye pengeboman berat semalam dengan rudal yang menyerang daerah sipil - termasuk stasiun kereta api di ibukota Ukraina yang digunakan untuk mengevakuasi orang dari kota dan sebagai tempat perlindungan bagi mereka yang tidak bisa atau telah memilih untuk tidak pergi.

Chernihiv, di barat laut, dan Mariupol, di selatan, juga tetap berada di bawah kendali Ukraina meskipun semuanya dikepung oleh pasukan Rusia dan berada di bawah pengeboman berat.

Pemerintahan Biden mencari USD 10 miliar dana darurat tambahan untuk membantu negara yang babak belur itu selain mengumumkan sanksi tambahan.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa kami menambahkan lusinan nama ke daftar termasuk salah satu miliarder terkaya Rusia dan saya melarang perjalanan ke Amerika oleh lebih dari 50 oligarki Rusia, keluarga mereka, dan rekan dekat mereka." Dan kami akan terus mendukung rakyat Ukraina dengan bantuan langsung," kata Biden.

Amerika Serikat pada Kamis (3/3) menjatuhkan sanksi kepada sejumlah miliarder Rusia yang dekat dengan Presiden Vladimir Putin.

Sumber Daily Mail

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News