JPNN.com

7 Penyebab Gigi Berwarna Abu-Abu

Selasa, 15 Oktober 2019 – 23:40 WIB 7 Penyebab Gigi Berwarna Abu-Abu - JPNN.com

jpnn.com - Ternyata, warna gigi tak hanya bisa berubah warna jadi kuning, tapi juga bisa menjadi abu-abu. Apa pun warnanya, perubahan warna pada gigi bisa meruntuhkan kepercayaan diri seseorang.

Warna gigi berubah menjadi keabuan dialami oleh sebagian orang, khususnya pada mereka yang sudah mulai berumur. Namun, kondisi tersebut juga bisa dialami oleh usia yang lebih muda. Apa saja penyebab perubahan gigi menjadi kelabu?

Penyebab warna gigi berubah menjadi abu-abu

Faktanya, perubahan warna tersebut tak hanya dipengaruhi usia. Faktor lainnya yang juga turut memengaruhi adalah:

1. Obat tetrasiklin
Tetrasiklin adalah antibiotik yang mampu membunuh bakteri gram negatif dan gram positif. Antibiotik ini pertama kali ditemukan pada tahun 1949 dan diberikan dengan cara disuntik atau secara oral.

Tetrasiklin dapat menghasilkan kalsium ortofosfat, yaitu senyawa yang bisa memengaruhi jaringan dan matriks kalsifikasi enamel gigi. Kondisi ini bisa berujung pada pigmentasi (perubahan warna) pada gigi.

Penggunaan tetrasiklin pada masa kehamilan, terutama pada trimester ketiga, juga bisa berdampak pada warna gigi bayi yang dikandung. 

Jika antibiotik ini dikonsumsi oleh anak-anak berusia di bawah 8 tahun, risiko anak tersebut untuk memiliki gigi berwarna abu-abu juga semakin tinggi. Perubahan warna juga tak hanya terjadi pada bagian gigi yang tampak saja, tapi sampai ke akarnya.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...