7 Poin Penting Pernyataan MenPAN-RB soal Penerimaan CPNS dan PPPK Tahun Ini

7 Poin Penting Pernyataan MenPAN-RB soal Penerimaan CPNS dan PPPK Tahun Ini
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meminta ada Kamtibmas di setiap desa. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah berencana membuka penerimaan aparatur sipil negara (ASN) baik CPNS maupun PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) tahun ini. Ada empat poin penting yang disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo terkait rekrutmen CPNS dan PPPK, yaitu:

1. Jadwal penerimaan ASN.

Menteri Tjahjo mengatakan, jadwal penerimaan CPNS dan PPPK, tengah disusun KemenPAN-RB, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

2. Rekrutmen 1,3 juta ASN terbesar di Indonesia.

Menurut Tjahjo, proses  pengadaan CPNS dan PPPK  tahun 2021 dengan total jumlah sekitar 1,3 juta pegawai merupakan pengalaman pertama bagi pemerintah.

" Ini angka terbesar di Indonesia dan tidak pernah kita lakukan sebelumnya," ujarnya dalam pernyataan resminya yang diterima JPNN.com pada 4 Maret 2021.

3. Gunakan sistem online dan diawasi BSSN.

Saat ini pemerintah tengah merumuskan prosedur, memperkuat dukungan kebijakan, mengidentifikasi berbagai risiko, dan berbagai persiapan lain yang  diperlukan. Termasuk mencoba keajegan sistem seleksi secara online bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

MenPAN-RB mengungkapkan tujiuh hal yang berkaitan dengan pelaksanaan CPNS dan PPPK baik pusat maupun daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News