Penjelasan Kepala BKN tentang Soal Ujian Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Penjelasan Kepala BKN tentang Soal Ujian Seleksi CPNS dan PPPK 2021
Tes CPNS. Ilustrasi/foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Seleksi aparatur sipil negara (ASN) baik CPNS maupun PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) tahun ini akan digelar dengan sistem computer assisted test (CAT) berbasis online.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, cara tersebut dilakukan karena saat ini masih masa pandemi COVID-19.

"Untuk seleksi tahun ini BKN masih tetap menyediakan sistem CAT berbasis online secara keseluruhan yang diikuti dengan penggunaan video conference sebagai sarana dalam pengawasan,"  kata Bima Haria di Jakarta, Kamis (5/3). 

Begitu juga dengan penerapan protokol kesehatan, Bima Haria menyebutkan BKN akan melibatkan sejumlah pihak untuk menghindari adanya kerumunan di lokasi ujian nantinya. 

Untuk pelaksanaan seleksi di titik lokasi luar negeri, BKN akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri.

"Pada seleksi CPNS 2019, BKN bersinergi dengan Kementerian Luar Negeri dalam melaksanaan ujian di 15 negara," ucapnya.

Dari aspek persiapan penyusunan soal ujian, Bima meminta agar penyusunan soal-soal ujian khususnya soal seleksi kompetensi bidang (SKB) segera dimutakhirkan oleh masing-masing instansi pembina jabatan fungsional sesuai dengan kewenangannya. 

Begitu juga soal ujian untuk seleksi PPPK, dengan menerapkan tingkat kesulitan soal sesuai standar pada level jabatan maupun antarwilayah.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menjelaskan tentang penyusunan soal ujian seleksi CPNS dan PPPK 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News