7 Rekomendasi soal Stadion Kanjuruhan Ini Jadi Prioritas Kementerian PUPR

7 Rekomendasi soal Stadion Kanjuruhan Ini Jadi Prioritas Kementerian PUPR
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meninjau Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (13/10). Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meninjau Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (13/10).

Peninjauan itu tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Menteri PUPR untuk melakukan audit atau evaluasi teknis terhadap bangunan stadion yang digunakan untuk pertandingan Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 melalui Komite Keandalan Bangunan Gedung (KKBG).

Menteri Basuki mengatakan audit khusus Stadion Kanjuruhan tidak hanya untuk mencari tahu penyebab kecelakaan terjadi, tetapi juga untuk mencegah tragedi Kanjuruhan terulang kembali.

Oleh karena itu, pekerjaan superprioritas Kementerian PUPR dalam minggu ini adalah menyelesaikan audit teknis Stadion Kanjuruhan.

"Insyaallah hari (kemarin, red) ini selesai audit oleh para pakar bangunan, struktur, arsitektur maupun MEP (Mechanical, Electrical and Plumbing) yang tergabung dalam KKBG," kata Basuki dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (14/10).

Basuki menyebut ada tujuh rekomendasi hasil audit Tim Evaluasi Teknis Keandalan Stadion Kanjuruhan yang menjadi perhatiannya. Tiga di antaranya terkait insiden yang menewaskan ratusan suporter.

"Pertama mengenai tangga-tangga tribune, terutama untuk tribune ekonomi yang biasanya tidak ada tangga langsung ke tempat duduk penonton," ujarnya.

Kedua, pintu stadion tidak ada jarak dengan anak tangga dan elevasi tangganya juga terlalu curam.

Ada tujuh rekomendasi KKBG tentang Stadion Kanjuruhan Malang yang menjadi perhatian Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Begini perinciannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News