7 Tips untuk Mengatasi Kurang Tidur

7 Tips untuk Mengatasi Kurang Tidur
Ilustrasi sedang tidur. Foto : Pixabay

jpnn.com - Kurang tidur bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, seperti penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan, dan kebiasaan buruk. Faktor-faktor tersebut jarang berdiri sendiri.

Faktor psikologis juga bisa memengaruhi sistem saraf pusat sehingga membuat kondisi seseorang senantiasa siaga seperti saat cemas, tegang, atau stres.

Mengingat ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang kurang tidur, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya, termasuk menggali berbagai kemungkinan adanya kondisi medis yang mendasari.

Bila ditemukan adanya kondisi medis tertentu, tentunya diperlukan terapi yang bergantung pada kondisi. Namun, bila penyebab kurang tidur terkonfirmasi bukan karena adanya kondisi medis, ada beberapa tips dari dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid  dari KlikDokter yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi sulit tidur.

1. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari.

2. Biasakan diri untuk olahraga secara teratur, tidak merokok, serta hindari konsumsi alkohol dan narkotika.

3. Cobalah untuk mengatur pola tidur, yaitu bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, termasuk ketika libur.

4. Buatlah suasana yang mendukung untuk Anda bisa tidur dengan nyaman, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising, mematikan TV, dan lain-lain. Tidur di kamar yang gelap lebih baik daripada dengan lampu menyala.

Dari hasil penelitian, terdapat bukti bahwa kurang tidur, bahkan hanya semalam bisa memicu naiknya berat badan dan menyebabkan masalah otot.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News