79 Orang Tewas Ditembak KKB di Papua

79 Orang Tewas Ditembak KKB di Papua
Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani. (ANTARA/Evarukdijati)

jpnn.com, JAYAPURA - Satgas Damai Cartenz mencatat 79 orang tewas akibat ditembak KKB di berbagai wilayah di tanah Papua.

Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani mengatakan pembunuhan itu terjadi selama kurun tahun 2023.

"Para korban terdiri dari 20 prajurit TNI, tiga anggota Polri, 37 orang masyarakat sipil, dan 19 orang anggota KKB," kata Kombes Faizal dalam keterangannya melalui virtual, Rabu.

Dia menjelaskan untuk korban yang luka-luka tercatat 84 orang terdiri dari 24 prajurit TNI, tujuh anggota Polri, 50 orang masyarakat dan tiga orang anggota KKB.

Korban yang gugur maupun mengalami luka-luka itu berasal dari 20 kontak tembak, dua kasus penyerangan pos, 19 bunyi tembakan, 39 penembakan, 16 penganiayaan berat, lima kasus penganiayaan biasa, lima kasus pembunuhan, 32 pembakaran dan 52 gangguan lain-lain.

Sedangkan aksi yang dilakukan KKP (kelompok kriminal politik) sebanyak 108 aksi, berupa unjuk rasa, mimbar bebas, pertemuan diskusi/rapat tertutup, propaganda, jumpa pers, foto dukungan, pembagian selebaran, penggalangan dana, doa bersama/KKR.

Aksi itu terjadi di Kota Jayapura sebanyak 56 aksi, Kabupaten Jayapura 18 aksi, Yahukimo 3 aksi, Pegunungan Bintang empat aksi, Mimika enam aksi,Jayawijaya 19 aksi, Dogiyai dua aksi, dan Kabupaten Nabire satu aksi.

"Aksi-aksi yang terjadi tersebut didominasi oleh aksi dari kelompok KNPB dan ULMWP," kata Faizal yang didampingi Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno.

Satgas Damai Cartenz mencatat 79 orang tewas akibat ditembak KKB di berbagai wilayah di tanah Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News