79,4 Juta Orang Bakal Mudik Lebaran Tahun Ini, Kemenhub Siapkan Sejumlah Antisipasi

79,4 Juta Orang Bakal Mudik Lebaran Tahun Ini, Kemenhub Siapkan Sejumlah Antisipasi
Menhub Budi Karya Sumadi menyiapkan sejumlah antisipasi menyikapi kemungkinan sebanyak 79,4 juta orang akan mudik lebaran tahun ini. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Survei Badan Litbang Kementerian Perhubungan menunjukkan 79,4 juta orang ingin melakukan perjalanan saat libur Lebaran 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan keinginan masyarakat itu didasari aturan pembatasan yang diberlakukan pemerintah saat libur Lebaran selama dua tahun terakhir.

"Kami telah mengidentifikasi sejumlah daerah yang menjadi tujuan favorit pemudik, yaitu yang tertinggi ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat," kata Menhub Budi Karya, dikutip dari keterangannya, Jumat (1/4).

Dia menilai animo masyarakat yang tinggi ini harus diikuti dengan kesiapan sarana dan prasarana transportasi.

Hal tersebut perlu diperhatikan untuk mengutamakan aspek keselamatan dan penerapan protokol kesehatan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkoordinasi dengan para stakeholder terkait untuk menyiapkan surat edaran petunjuk pelaksanaan teknis di lapangan sebagai rujukan bagi para operator sarana dan prasarana transportasi.

Budi Karya menjelaskan pihaknya telah melakukan beberapa langkah, seperti memastikan ketersediaan dan kapasitas transportasi umum di semua moda.

Pria kelahiran Palembang itu juga mengaku telah menambah frekuensi dan kapasitas transportasi umum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggi bila diperlukan.

Menhub Budi Karya Sumadi menyiapkan sejumlah antisipasi menyikapi kemungkinan sebanyak 79,4 juta orang akan mudik lebaran tahun ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News