8 Bank Juga Naik Peringkat

8 Bank Juga Naik Peringkat
8 Bank Juga Naik Peringkat
JAKARTA - Fitch Ratings menaikkan peringkat kredit jangka panjang delapan bank, menyusul kenaikan peringkat utang Indonesia dari BB+ menjadi BBB-. Bank yang peringkatnya ditingkatkan adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI).

Bank lainnya, Lembaga Pembiayaan Export-Import Indonesia (Indoexim), PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII), dan PT Bank CIMB Niaga Tbk juga dinaikkan tingkatnya. Julita Wikana, Director Fitch Financial Institutions Team menilai prospek peringkat utang kedelapan bank itu stabil.

Peningkatan peringkat kredit dan revisi dasar peringkat dukungan (support rating floors) milik tiga bank BUMN yang sistematik dan bank BUMN kebijakan ekspor-impor merefleksikan kemungkinan dukungan pemerintah ke depannya.

Ketiga bank BUMN yang sistematik yang dimaksud adalah Bank Mandiri, BRI, dan BNI, sedangkan bank BUMN kebijakan ekspor-impor adalah Indoexim. Peringkat keempat bank itu ditingkatkan dari BB+ menjadi BBB-. "(Peningkatan peringkat) disebabkan profil kredit pemerintah yang meningkat dan pentingnya posisi bank itu di dalam ekonomi domestik secara sistemik," kata Julita dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/12).

JAKARTA - Fitch Ratings menaikkan peringkat kredit jangka panjang delapan bank, menyusul kenaikan peringkat utang Indonesia dari BB+ menjadi BBB-.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News