8 Daerah Ini Rawan Kena Lahar Dingin Semeru

8 Daerah Ini Rawan Kena Lahar Dingin Semeru
Banjir lahar dingin. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, LUMAJANG - Sebanyak delapan desa di tiga kecamatan, Lumajang di Jawa Timur tercatat rawan ancaman bahaya banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Delapan desa tersebut, yakni Desa Sumber Urip , Desa Supit Urang dan Desa Oro Oro Ombo di Kecamatan Pronojiwo, Desa Kertosari, Desa Pasru Jambe di Kecamatan Pasru Jambe.

Sedangkan di Kecamatan Candipuro terdapat Desa Sumber Wuluh, Desa Sumber Mujur dan Desa Penanggal .

"Delapan desa tersebut rawan karena berada di bantaran sungai aliran banjir lahar Gunung Semeru," ujar Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan, di kantornya.

Selain itu, jarak rumah warga dengan sungai yang sangat dekat, yakni Sungai Glidik melintas di Kecamatan Pronojiwo, Sungai Rejali di Kecamatan Candipuro, dan Sungai Mujur yang berada di Kecamatan Pasru Jambe.

BPBD Lumajang mengimbau bagi warga yang tinggal di sekitar sungai dan para penambang pasir di aliran sungai lahar dingin Gunung Semeru meningkatkan kewaspadaannya.

"Apalagi seiring meningkatnya curah hujan di Lumajang. Dikhawatirkan, terjadi banjir lahar diingin dengan skala besar, bisa saja terjadi," tegasnya. (end/jpnn)


Warga di delapan desa ini diminta waspada lahar dingin Semeru


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News