8 Herbal Alami untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

8 Herbal Alami untuk Mengatasi Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan. Foto: Ilustrasi/kalerkantho

jpnn.com - Selain batuk pilek, di musim hujan saat ini, radang tenggorokan juga kerap dialami banyak orang. Alhasil, tak sedikit yang mencari-cari obat alami untuk radang tenggorokan yang dialami. Pasalnya, kondisi ini bisa menyebabkan beberapa gangguan.

Misalnya, rasa nyeri saat menelan, demam, pembesaran kelenjar getah bening di leher, bercak kemerahan di langit-langit mulut, serta pembesaran amandel. Untuk mengatasi hal-hal ini, Anda bisa terlebih dahulu memanfaatkan beberapa bahan herbal, yaitu:

1. Madu

Madu memiliki efek antibakteri dan anti virus. Menurut studi yang dipublikasikan di Archives of Medical Research pada 2014, madu—dalam hal ini madu manuka—terbukti dapat menghambat replikasi virus influenza dan mempercepat penyembuhan infeksi.

Pada penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, disebutkan juga bahwa pemberian madu, baik dikonsumsi langsung atau dicampurkan pada minuman, terbukti efektif dalam mengurangi produksi lendir sekaligus mengurangi gejala batuk.

2. Lemon

Menurut dr. Valda Garcia dari KlikDokter, sifat asam dari lemon dipercaya dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan dan menghambat pertumbuhan virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan. Apabila dicampur dengan madu, maka tenggorokan akan terlapisi dan penyakit tersebut akan lebih cepat sembuh.

3. Cuka apel

Itu dia obat herbal untuk radang tenggorokan yang dapat Anda manfaatkan. Selama belum terlalu parah, Anda dapat mengandalkan bahan-bahan di atas.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News