JPNN.com

8 Langkah Mengenali Mobil Bekas Terkena Banjir

Selasa, 21 Januari 2020 – 17:41 WIB
8 Langkah Mengenali Mobil Bekas Terkena Banjir - JPNN.com
Warga berusaha melewati banjir. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Jika Anda berniat membeli mobil bekas pada awal tahun ini, tetapi takut mobil yang dibeli bekas terkena banjir.

Anda tidak perlu khawatir. BMW membagikan sejumlah tips untuk mengenali kendaraan bekas banjir sebagai berikut:

1. Periksa rekam perawatan mobil
"Pembeli harus aware terhadap riwayat servis dari mobil yang akan dibelinya. Melihat rekam perawatan mobil merupakan hal pertama yang dapat dilakukan," kata Kepala Cabang BMW Astra Used Car, Terry Tham dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (21/1).

Ciri-ciri mobil bekas banjir dapat dilihat dari jenis komponen yang diganti, seperti karet-karet, sisa pengeringan karpet, dan komponen internal mesin pada mobil berusia muda.

2. Cium aroma interior
Mobil bekas terendam banjir akan memiliki aroma interior bau lumpur yang tidak sedap.

"Bahkan jika dibandingkan dengan mobil yang interiornya masuk dalam kategori tidak terawat, mobil bekas terendam banjir akan lebih bau lagi," kata Terry.

3. Periksa baut-baut di bawah kursi
Jika Anda menemukan korosi atau karat pada baut di area bawah kursi, ada indikasi mobil tersebut sudah pernah terendam banjir.

Hal serupa juga disampaikan oleh Aftersales Manager BMW Astra, Budi Kurniawan, "Idealnya, baut-baut di dalam kabin tidak mudah berkarat, karena jarang terkena kontaminasi dari luar."

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha