8 Makanan untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

8 Makanan untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak
Buah-Buahan. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - Anak juga membutuhkan makanan sehat dan bergizi seimbang demi menunjang tumbuh kembangnya. Tak hanya itu, makanan sehat dan bergizi juga turut membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.

Melansir Health US News, seorang ilmuwan sekaligus pemimpin dari Center of Nutrition Learning and memory di University Illinois menjelaskan bahwa makanan yang mengandung gizi tepat untuk anak memiliki peranan yang besar dalam membangun koneksi saraf otak, menjaga keterhubungan sinyal otak, hingga menyempurnakan struktur sel. 

Jadi, jika anak mendapatkan gizi yang memadai sejak dini, potensinya untuk memiliki kecerdasan dan kesehatan yang optimal di masa mendatang akan semakin besar.

Makanan untuk tingkatkan kecerdasan otak anak
Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, beberapa makanan yang bisa dikonsumsi anak secara rutin agar kecerdasan otak yang dimiliki terus meningkat setiap harinya, yaitu:

1. Ikan berlemak
Ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, ikan tongkol dan sarden adalah jenis makanan yang kaya akan omega-3, DHA dan EPA. Kombinasi zat gizi tersebut membuat ikan-ikan tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi otak anak.

Anda bisa memberikan anak dua porsi ikan setiap minggunya untuk pertumbuhan otak yang optimal. Hindari memberi ikan secara berlebih, karena berpotensi mengandung merkuri yang dapat merusak sel dan jaringan di dalam tubuh anak.

2. Buah-buahan
Buah-buahan berjenis beri, seperti stroberi, ceri, blueberry, blackberry dan raspberrysangat kaya akan antioksidan flavonoid dan vitamin C. Adanya zat-zat tersebut membuat buah beri memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi memori si Kecil.

Anda bisa menyajikan buah beri dalam bentuk jus, smoothies atau buah potong yang sebelumnya sudah dimasukan dalam kulkas agar rasanya lebih segar saat masuk ke dalam mulut anak. 

3. Telur
Sebagai makanan yang paling mudah untuk diolah, telur masuk ke dalam daftar makanan yang mampu meningkatkan kecerdasan otak anak.

Makanan sehat dan bergizi juga turut membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News