82 Warga Terinfeksi HIV AIDS

21 Diantaranya Meninggal Dunia

82 Warga Terinfeksi HIV AIDS
82 Warga Terinfeksi HIV AIDS

jpnn.com - JUMLAH temuan penderita HIV/AIDS di Kota Tegal terus bertambah setiap tahunnya. Berdasar catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, hingga Agustus 2013, jumlah total penderita penyakit tersebut mencapai 82 orang.

Kepala Dinkes Kota Tegal, dr Moehammad Hafidz MKes mengatakan, total jumlah penderita HIV/AIDS itu yang ditemukan dari tahun 2008 hingga Agustus 2013. Dari jumlah tersebut sejumlah 21 penderita diantaranya sudah meninggal dunia.

"Jumlah temuan itu masih jauh dari apa yang diprediksi oleh pemerintah pusat. Bahwa di Kota Tegal terdapat 117 pengidap HIV/AIDS. Artinya masih ada 35 penderita yang belum diketahui, siapa dan dimana. Nah inilah yang namanya fenomena gunung es," ujarnya, Senin (16/9).

Lebih jauh dia menguraikan, jika diurai perkecamatan jumlah penderita HIV/AIDS yang ditemukan kebanyakan di Tegal Barat dengan total penderita 29 orang, 5 diantaranya meninggal dunia. Kemudian Tegal Timur sebanyak 28 penderita, 8 diantaranya meninggal dunia.

Tegal Selatan jumlah penderitanya mencapai 16 orang, 4 diantaranya meninggal dunia. Dan di Margadana penderitanya sebanyak 9 orang, 3 diantarannya menderita. "Data ini dari mulai 2008 sampai Agustus 2013 ini."

Apabila diurai berdasarkan jenis kelamin, dari total 82 penderita, 53,65 persen laki-laki dan 29,35 persen perempuan. Hafidz juga menjelaskan apabila di data berdasarkan temuan layanan di Kota Tegal, jumlah penderita HIV/AIDS sebanyak 276 orang. Dan 40 penderita diantaranya meninggal dunia.

"Ini data dari layanan. Tapi untuk penderita yang merupakan warga Kota Tegal sejumlah tadi yang disebutkan. Sisanya adalah warga dari luar Kota Tegal yang diketahui mengidap HIV/AIDS saat mendapat pelayanan di Kota Tegal," ujarnya.

Sementara Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Tegal, Titi Endah Praptiningsih saat memberikan sambutan dalam sosialisasi HIV/AIDS bagi guru dan siswa SMA/SMK, melihat kondisi tersebut, tentu sangat menguatirkan. Karena tanpa disadari dapat menularkan kepada kita semua.

JUMLAH temuan penderita HIV/AIDS di Kota Tegal terus bertambah setiap tahunnya. Berdasar catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, hingga Agustus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News