850 Kios Suvenir di Kawasan Wisata Borobudur Terbakar

850 Kios Suvenir di Kawasan Wisata Borobudur Terbakar
Foto: Radar Semarang/JPNN

jpnn.com - SEMARANG – Kawasan wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang kemarin (2/10) terbakar hebat. Sekitar 850 kios suvenir dan makanan di kompleks wisata internasional tersebut ludes terbakar. Dampaknya, wisatawan yang kemarin mengunjungi candi termasyhur itu terganggu. Meski tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Berdasar informasi yang dihimpun Radar Semarang (JPNN Group), kebakaran terjadi sekitar pukul 12.30 kemarin (2/10). Saat itu listrik sedang padam. Salah seorang pedagang makanan lalu menyalakan genset untuk penerangan.

Namun, tiba-tiba muncul percikan api yang kemudian membakar barang-barang di sekitar. ’’Awalnya dari tengah sana, kios makanan. Informasinya, katanya gara-gara genset,’’ kata Mujiyanto, seorang saksi.

Api membesar dengan cepat dan melalap kios-kios yang terbuat dari kayu itu. ’’Kebetulan angin pas kencang sekali sehingga mempercepat kebakaran,’’ ungkapnya.

Namun, beberapa pedagang yang lain mengungkapkan, api diperkirakan tidak bersumber dari genset, tapi korsleting listrik. ’’Kejadiannya cepat sekali. Arahnya dari kios sebelah barat. Kami belum tahu penyebabnya. Ada yang bilang dari genset, ada juga yang bilang karena korsleting listrik. Namun, sebelum kebakaran, listrik memang mati,’’ ujar Kelik, salah seorang pedagang.

Di sentra kerajinan dan makanan tersebut sedikitnya ada 956 kios. Dalam waktu kurang dari sejam, 90 persen kios sudah ludes dilalap si jago merah.

Beberapa pedagang masih bisa menyelamatkan barang dagangannya. Yang lain harus merelakan kios dan seluruh isinya rata dengan tanah. Tujuh mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota dan Kabupaten Magelang dikerahkan. Namun, banyaknya warga yang menonton kebakaran malah mempersulit pemadaman.

Api tidak mudah dijinakkan. Petugas membutuhkan waktu lama untuk mematikan api yang terus membesar itu. Api baru bisa dijinakkan pukul 15.00. ’’Hanya (kios) yang di bagian pinggir yang bisa diselamatkan,’’ kata Yahya, 36, salah seorang pedagang.

SEMARANG – Kawasan wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang kemarin (2/10) terbakar hebat. Sekitar 850 kios suvenir dan makanan di kompleks

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News