855 Keluarga di Bantargebang Dapat Donasi Sabun Dettol Gratis Setahun

855 Keluarga di Bantargebang Dapat Donasi Sabun Dettol Gratis Setahun
Kegiatan cuci tangan memakai sabun. Ilustrasi. Foto: Dok. Dettol

jpnn.com, JAKARTA - Lingkungan bersih dan akses memadai untuk fasilitas kesehatan bisa berpengaruh besar dalam ibadah puasa Ramadan.

Hal tersebut karena tubuh lebih rentan terserang penyakit akibat terbatasnya asupan.

"Tubuh yang sedang berpuasa menjadi lebih rentan karena asupan makanan terbatas, apalagi cuaca juga tidak menentu, daya tahan tubuh perlu dijaga dari penularan virus serta bakteri, terutama melalui raga yang bersih dan terjaga," kata Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DR. dr. Mohammad Adib Khumaidi, Sp.OT., dalam keterangannya, Selasa (2/4).

Mohammad Adib Khumaidi menjelaskan, salah satu upaya mengatasinya melalui gerakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang bisa menurunkan risiko penyakit, termasuk diare hingga 30 persen dan penyakit pencernaan lainnya yang sebisa mungkin dihindari saat berpuasa.

Menurutnya, kebersihan diri selain merupakan sebagian dari iman, juga menjadi kunci penting bagi umat muslim untuk beribadah dengan khusyuk dan sempurna serta terhindar dari ancaman penyakit.

"Makanan dan minuman yang kita santap melalui tangan bersih akan menjaga kita tetap sehat sepanjang menjalankan ibadah puasa," ungkapnya.

Hal senada disampaikan dokter Reisa Broto Asmoro, yang juga merupakan Brand Ambassador Dettol Indonesia.

Menurutnya, di tengah cuaca tidak menentu dan daya tahan tubuh melemah saat berpuasa, maka kesehatan keluarga perlu untuk selalu dijaga.

Sebanyak 855 keluarga di Bantargebang mendapatkan donasi sabun antibakteri Dettol gratis setahun 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News