870 Indekos Dicurigai Jadi Tempat Prostitusi Terselebung

870 Indekos Dicurigai Jadi Tempat Prostitusi Terselebung
870 Indekos Dicurigai Jadi Tempat Prostitusi Terselebung. Foto Nonstop/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Dari data Suku Dinas Perumahan Jakarta Selatan, di tujuh kelurahan yang masuk wilayah Tebet, ada 906 indekos. Hanya 36 saja yang mengantongi izin, 870 ilegal dan dicurigai menjadi tempat prostitusi terselubung.

Camat Tebet Mahludin mengatakan, angka tersebut merupakan data terakhir yang diambil pada tahun 2014. Dijelaskannya, total jumlah kamar dari seluruh kos-kosan yang ada di Tebet yaitu 4.187 unit.

Menurutnya, persoalan pemberian izin merupakan tanggung jawab Sudin Perumahan di setiap wilayah.

“Untuk perizinan kos-kosan, diharuskan memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang menunjukkan bahwa rumah itu diperuntukan untuk usaha kos-kosan. Kecamatan hanya sekedar membuat surat domisili,” katanya Mahludin seperti yang dilansir Nonstop (Grup JPNN.com).

Lanjut Mahludin, jika rumah tersebut terdaftar dan memiliki kamar lebih dari 10, maka secara otomatis pemiliknya akan dikenakan pajak. “Kalau kurang dari 10 kamar, tidak dikenakan pajak,” jelasnya.

Persoalan rumah kos-kosan tidak hanya soal pajak dan perizinan saja, tapi juga soal pendataan penghuni yang kerap diabaikan. Pemilik usaha kerap menganggap ini hanya formalitas, sehingga pengurus RT/RW setempat tidak bisa memantai siapa saja penghuninya.

Karena itu, pihaknya sudah mengintruksikan kepada RT/RW untuk selalu memantau penghuni kos-kosan yang batu.

“Semua penghuni kosan dan kontrakan wajib melaporkan diri untuk didata,” tegas Mahludin.

JAKARTA - Dari data Suku Dinas Perumahan Jakarta Selatan, di tujuh kelurahan yang masuk wilayah Tebet, ada 906 indekos. Hanya 36 saja yang mengantongi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News