9 Kabupaten Rawan Tsunami, Polisi Siap Siaga

9 Kabupaten Rawan Tsunami, Polisi Siap Siaga
Prajurit Lanal Banyuwangi, terlibat dalam Simulasi Penanggulangan Bencana Tsunami di wisata pantai mustika Pancer Dusun Pancer Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Sabtu (5/1). Foto: Dispen Lantamal V

jpnn.com, BANYUWANGI - Tim gabungan melaksanakan simulasi tanggap bencana tsunami di Pantai Mustika, Desa Sumberagung, Banyuwangi, Jatim

Simulasi penanggulangan bencana tsunami itu disaksikan langsung Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Luki Hermawan serta sembilan Kapolres yang menaungi wilayah rawan tsunami.

Luki mengatakan, sembilan kabupaten yang rawan bencana tsunami di Provinsi Jatim adalah Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi.

Kegiatan tersebut sangat penting dilakukan mengingat Banyuwangi merupakan daerah yang paling banyak wisata pantainya.

"Kedelapan kabupaten lain rawan tsunami dan simulasi tanggap bencana penting dilakukan," ujarnya.

Luki menyebutkan, kegiatan simulasi itu juga harus dilakukan di delapan lain daerah rawan tsunami.

Sebab, kebanyakan warga tidak paham terkait peringatan dini ataupun awal mula terjadinya gelombang besar yang menerjang pesisir pantai dan sekitarnya.

"Kami akan terapkan simulasi penanggulangan bencana itu di setiap wilayah yang rawan tsunami," ungkap perwira polisi berpangkat bintang dua tersebut.

Polda Jatim dan tim gabungan melakukan simulasi tanggap bencana di 9 tempat yang rawan tsunami.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News