9 Mei Gerhana Matahari Cincin

9 Mei Gerhana Matahari Cincin
9 Mei Gerhana Matahari Cincin
RH AMALUDDIN -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan pada tahun 2013 akan terjadi lima kali gerhana, yaitu dua kali gerhana matahari dan tiga kali gerhana bulan. Dalam waktu dekat ini di Indonesia, termasuk Palembang, diprediksi akan terjadi gerhana matahari cincin yang terjadi 9-10 Mei mendatang.

Wilayah Palembang hanya dapat melihat fase gerhana berakhir. Selain Palembang, wilayah lain yakni Padang, Bengkulu, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta. “Untuk masyarakat Palembang dapat melihat gerhana berakhir sekitar pukul 06.19 WIB,” ujar Kepala BMKG Sumsel, Muhamad Irdham, kepada koran ini, Senin (6/5).

Sedangkan untuk fase gerhana mulai hingga berakhir dapat dilihat di wilayah Kupang, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Marauke, dan Jayapura. “Selain itu, juga dilihat di wilayah Kendari, Palu, dan Makasar,” bebernya.

Menurutnya, gerhana matahari ini merupakan salah satu peristiwa akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan. Ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru. “Gerhana tersebut dapat diamati di Samudra Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia (kecuali Sumatera bagian Utara) dan Filipina bagian selatan,” ujarnya.

RH AMALUDDIN -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan pada tahun 2013 akan terjadi lima kali gerhana, yaitu dua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News