9 Orang Ini Terima Penghargaan sebagai Tokoh Tani Hutan Sosial

9 Orang Ini Terima Penghargaan sebagai Tokoh Tani Hutan Sosial
Sembilan tokoh yang menerima penghargaan Perhutanan Sosial. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, CIANJUR - Sembilan tokoh dipilih untuk mendapat penghargaan karena berhasil mengelola dan memanfaatkan kawasan hutan yang telah diberikan izin melalui hutan sosial.

Pemberian penghargaan ini dilakukan sebelum acara Penyerahan SK Perhutanan Sosial oleh Presiden Joko Widodo di Cianjur, Jawa Barat.

"Pemilihan Tokoh Hutan Sosial ini, akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun untuk menjaring lebih banyak Tokoh Hutan Sosial yang menjadi role model, dan teladan bagi kelompok tani Hutan Sosial lainnya di seluruh Indonesia," ujar Menteri LHK Siti Nurbaya.

Penyerahan trofi dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, didampingi oleh Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Momen ini juga sekaligus dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari 2019.

"Sembilan tokoh ini bukan dipilih Bu Siti (Menteri LHK Siti Nurbaya). Jurinya independen. Bukan dari pemerintah," kata Menteri Darmin.

Sementara itu Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Bambang Supriyanto menjelaskan pemilihan dilakukan dengan menyeleksi dari data Hutan Sosial yang ada serta usulan dari pemangku yang berkepentingan dengan sejumlah kriteria.

Yang pertama yaitu calon penerima adalah pemegang izin Hutan Sosial dan/atau pemegang pengakuan dan perlindungan hutan adat.

Pemilihan dilakukan dengan menyeleksi dari data Hutan Sosial yang ada serta usulan dari pemangku yang berkepentingan dengan sejumlah kriteria.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News