9 Universitas Swasta Raih Akreditasi A, Ini Daftarnya

9 Universitas Swasta Raih Akreditasi A, Ini Daftarnya
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JPNN.com - Sembilan perguruan tinggi swasta (PTS) berhasil mendapatkan akreditasi A.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohamad Nasir mengatakan, pencapaian itu sangat menggembirakan.

Sebab, sebelumnya belum ada PTS yang mendapatkan akreditasi A dan hanya didominasi perguruan tinggi negeri (PTN).

"Sebanyak 22 perguruan tinggi negeri telah terakreditasi A pada 2016. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya lima PTN. ‎Dulu PTS malah tidak pernah dapat predikat itu, tapi di tahun ini ada sembilan PTS yang masuk akreditasi A. Ini luar biasa,” kata Nasir di Jakarta, Jumat (30/12).‎

‎Nasir menyampaikan, salah satu kriteria suatu perguruan tinggi baik PTN maupun PTS memperoleh akreditasi A adalah memiliki kualitas dosen yang terbaik, infrastruktur baik, perkembangan riset semakin baik pula

Adapun PTS yang mendapatkan akreditasi A, yaitu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) Jakarta, STIE Perbanas Surabaya, Akademi Kepolisian (Akpol), Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Mercu Buana.

Selain itu, ada juga Institut Teknologi Telkom Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dan Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya.

Sementara itu, Rektor UHAMKA Prof Suyatno mengucapkan terima kepada seluruh pihak yang ikut berperan serta sehingga kampus mendapatkan pengakuan itu.

JPNN.com - Sembilan perguruan tinggi swasta (PTS) berhasil mendapatkan akreditasi A.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News