ABC Evakuasi Wartawannya dari Tiongkok

ABC Evakuasi Wartawannya dari Tiongkok
Wartawan AFR Mike Smith (kiri) dan wartawan ABC Bill Birtles di bandara Shanghai sebelum melanjutkan perjalanan ke Sydney hari Senin malam. (Supplied)

Dua media Australia, ABC dan Australian Financial Review (AFR) telah mengevakuasi wartawan mereka yang sebelumnya ditempatkan di China, setelah polisi sempat mewawancarai keduanya.

  • Kemenlu Australia sudah memperingatkan dua wartawan tersebut agar meninggalkan China
  • Tujuh polisi China mendatangi apartemen Bill meminta dia datang untuk diwawancarai
  • Diplomat Australia berunding dengan pejabat China agar larangan perjalanan bagi kedua wartawan dicabut

 

Wartawan ABC Bill Birtles yang ditempatkan di Beijing dan Mike Smith, wartawan AFR yang sebelumnya berada di Shanghai, sudah tiba di Sydney hari Selasa (8/9/2020), setelah keduanya diperiksa terpisah oleh petugas dari Kementerian Keamanan China.

Dalam empat hari terakhir Bill sudah mencari perlindungan di Gedung Kedutaan Besar Australia di Beijing, sementara Mike berada di Konsulat Australia di Shanghai.

Para diplomat Australia sebelumnya sudah merundingkan dengan pejabat China untuk mengizinkan kedua wartawan meninggalkan negeri itu.

Semua bermula pekan lalu saat diplomat Australia di Beijing memperingatkan kepada Bill jika ia harus meninggalkan China segera.

Pejabat Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia juga memberikan saran yang sama kepada Direktur ABC, David Anderson di Sydney.

Atas saran tersebut ABC mengusahakan penerbangan kembali ke Australia bagi Bill yang seharusnya terbang hari Kamis pagi minggu lalu.

Dua media Australia, ABC dan Australian Financial Review (AFR) telah mengevakuasi wartawan mereka yang sebelumnya ditempatkan di China, setelah polisi sempat mewawancarai keduanya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News