ABCG Berkolaborasi Sediakan Perumahan MBR di Kendal

ABCG Berkolaborasi Sediakan Perumahan MBR di Kendal
Pemerintah Kabupaten Kendal memfasilitasi kolaborasi antara akademisi, dunia usaha, komunitas dan pemerintah atau yang disebut dengan ABCG (academy, business, community, government). Foto: Dok Pri

jpnn.com, KENDAL - Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, kini memiliki harapan untuk tinggal di rumah layak huni milik sendiri.

Sebab, Pemerintah Kabupaten Kendal memfasilitasi kolaborasi antara akademisi, dunia usaha, komunitas dan pemerintah atau yang disebut dengan ABCG (academy, business, community, Government).

Kolaborasi tersebut untuk memperkuat implementasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

BSPS adalah program unggulan Kementerian PUPR untuk mengatasi sulitnya MBR  memiliki rumah layak huni.

Kolaborasi ABCG di Kendal melibatkan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dari pihak akademisi serta Bank BTN mewakili kelompok bisnis selaku pemberi kredit mikro untuk penyediaan lahan.

Selain itu, ada pula komunitas yang tergabung dalam paguyuban sebagai kelompok masyarakat penerima manfaat.

Mereka memastikan pencarian lahan dan seluruh pembangunan serta memastikan semua anggota mematuhi aturan kelompok terutama membayar angsuran tepat waktu dan Pemda Kendal yang memfasilitasi semua kolaborasi dan pembangunan.

Di tingkat pusat, Kementerian PUPR memastikan penyaluran bantuan perumahan tepat sasaran dan  memenuhi kriteria yang sudah ditentukan.

Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, kini memiliki harapan untuk tinggal di rumah layak huni milik sendiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News