Abraham Liyanto: 136 Anggota DPD Dukung Fadel Muhammad jadi Ketua MPR

Abraham Liyanto: 136 Anggota DPD Dukung Fadel Muhammad jadi Ketua MPR
Fadel Muhammad. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Senator Gorontalo Fadel Muhammad melobi partai-partai politik di parlemen untuk memuluskan langkahnya menjadi Ketua MPR 2019-2024. Mantan gubernur Gorontalo itu sebelumnya terpilih menjadi perwakilan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) kursi pimpinan MPR.

“Kami akan membicarakan hal ini dengan partai-partai. Kami sudah bicarakan dengan Partai Golkar, kami bicara Golkar dan PDIP, dan Nasdem kemudian kelompok PKB, ini satu full,” ujar Fadel kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (3/10).

Setelah itu, mantan anggota DPR Fraksi Partai Golkar itu mengaku akan bertemu dengan Partai Gerindra sore ini.  “Mau ketemu mereka untuk membicarakan bagaimana posisi yang ada,” katanya.

Sekretaris Fraksi DPD di MPR Abraham Liyanto mengatakan para anggota DPD sepakat mengusulkan Fadel menjadi ketua MPR. “Kami semua, 136 anggota (DPD) mengingingkan Pak Fadel sebagai ketua MPR,” kata Abraham di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).

Menurut Abraham, pihaknya juga masih mendengar lagi usulan-usulan lain dari fraksi-fraksi yang ada di parlemen. Usulan itu disampaikan dalam rapat gabungan antara pimpinan sementara MPR, dengan fraksi-fraksi dan kelompok DPD, Kamis (3/10).

“Karena itu kami masih dengar lagi. Tadi, ada dari unsur fraksi lain mengusulkan (nama calon lain), nah bagaimana bargaining-nya? Kalau sepakat, maka paripurna jam tujuh malam nanti akan satu suara. Jadi, musyawarah mufakat,”  ungkap Abraham. (boy/jpnn)

Fadel Muhammad sudah bertemu dengan Golkar, PDIP, Nasdem dan PKB, serta rencananya juga akan ketemu Gerindra.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News