Abreu Tak Ubah Gaya Eksekusi

Abreu Tak Ubah Gaya Eksekusi
GAYA - Penalti Sebastian Abreu dengan gaya tendangan chop ke gawang Ghana yang dijaga Richard Kingson, di Soccer City, 2 Juli lalu. Foto: Michael Steele/Getty Images/FIFA.com.
CAPE TOWN - Penalti ala Panenka yang dipraktekkan Sebastian Abreu, membuat nama striker veteran Uruguay itu jadi topik bahasan di berbagai media. Ternyata, meski triknya telah diketahui banyak orang dan dipelajari lawan, dia enggan merubah gaya eksekusi penaltinya.

Abreu menjadi penentu kemenangan Uruguay dalam adu penalti, pada saat melawan Ghana di perempat final Piala Dunia (PD) 2010. Dia mengeksekusi dengan cara menyungkil bola menggunakan kaki kirinya ke sisi kiri gawang. Akibatnya, kiper Richard Kingson pun tertipu.

Gaya penalti yang dilakukan Abreu itu sejatinya tidak begitu asing di pentas sepak bola dunia. Legenda Prancis Zinedine Zidane, striker Prancis Thierry Henry, serta kapten AS Roma Francesco Totti, pernah menceploskan bola dengan cara itu.

Karena kepiawaian dan kematangan Abreu dalam mengeksesi penalti, membuat pelatih Uruguay Oscar Washington Tabarez selalu mendaftarkan nama Abreu dalam daftar lima penendang penalti. Meski jarang menjadi starter, dia selalu jadi opsi utama di eksekusi penalti.

CAPE TOWN - Penalti ala Panenka yang dipraktekkan Sebastian Abreu, membuat nama striker veteran Uruguay itu jadi topik bahasan di berbagai media.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News