Abu Jenazah Eks Presiden China Jiang Zemin Dilarung ke Sungai Yangtze

Abu Jenazah Eks Presiden China Jiang Zemin Dilarung ke Sungai Yangtze
Mantan Presiden China Jiang Zemin di India pada 1996. Foto: Douglas E. CURRAN / AFP

jpnn.com - Abu jenazah mantan Presiden China Jiang Zemin dilarung ke laut melalui muara Sungai Yangtze di Shanghai, sesuai dengan wasiatnya.

Upacara pelarungan abu jenazah dipimpin oleh anggota Komite Tetap Biro Politik Partai Komunis China (CPC) Cai Qi dan jajaran pejabat serta istri mendiang, Wang Yeping, Minggu (11/12).

Bendera nasional China berkibar setengah tiang di Zhongnanhai, kawasan kantor kepresidenan di Beijing, tempat Jiang berkantor dalam waktu relatif lama.

Di dalam aula Laifu, terdapat peti abu jenazah berselimutkan bendera CPC warna merah dengan gambar palu dan arit.

Karangan bunga persembahan Wang Yeping dan anggota keluarganya ditempatkan di depan peti, sedangkan karangan bunga dari kerabat lain mengelilinginya.

Cai dan beberapa pejabat CPC lain dan keluarga Jiang tiba di aula tersebut pada pukul 08.10 waktu setempat (07.10 WIB) untuk memberikan penghormatan dengan menundukkan kepala selama tiga kali di depan potret Jiang.

Saat mobil jenazah begerak perlahan-lahan meninggalkan Zhongnanhai, para pejabat yang mengenakan bunga putih di dada mengucapkan selamat tinggal kepada Jiang.

Dari Bandar Udara Militer Xijiao, Beijing, para pejabat dan pasukan Angkatan Udara menerbangkan abu Jiang dengan pesawat khusus.

Abu jenazah mantan Presiden China Jiang Zemin dilarung ke laut melalui muara Sungai Yangtze di Shanghai, sesuai dengan wasiatnya.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News