Wasiat Mantan Presiden China Jiang Zemin Sudah Dilaksanakan

Wasiat Mantan Presiden China Jiang Zemin Sudah Dilaksanakan
FOTO ARSIP: Presiden China Jiang Zemin (1993-2003) meninggal dunia Rabu (30/11/2022) sekira pukul 12.13 waktu setempat di Shanghai akibat leukimia dan kegagalan multi-organ tubuh dalam usia 96 tahun. ANTARA FOTO/Scott Olson/Pool via REUTERS//Foto Arsip/wsj

jpnn.com - BEIJING – Sesuai wasiat Jiang Zemin, abu jenazah mantan Presiden China itu dilarung ke laut melalui muara Sungai Yangtze di Shanghai pada Minggu (11/12).

Upacara pelarungan abu jenazah dipimpin oleh anggota Komite Tetap Biro Politik Partai Komunis China (CPC) Cai Qi dan jajaran pejabat serta istri mendiang, Wang Yeping.

Bendera nasional China berkibar setengah tiang di Zhongnanhai, kawasan kantor kepresidenan di Beijing, tempat Jiang berkantor dalam waktu relatif lama.

Peti abu jenazah diletakkan di aula Laifu, berselimutkan bendera CPC warna merah dengan gambar palu dan arit.

Di depan peti abu jenazah terpajang karangan bunga persembahan Wang Yeping dan anggota keluarganya. Karangan bunga dari kerabat lain mengelilinginya.

Cai dan beberapa pejabat CPC lain dan keluarga Jiang tiba di aula tersebut pada pukul 08.10 waktu setempat (07.10 WIB).

Mereka memberikan penghormatan dengan menundukkan kepala selama tiga kali di depan potret Jiang.

Ketika mobil jenazah begerak perlahan-lahan meninggalkan Zhongnanhai, para pejabat yang mengenakan bunga putih di dada mengucapkan selamat tinggal kepada Jiang.

Abu jenazah mantan Presiden China Jiang Zemin dilarung dari muara Sungai Yangtze. Jiang Zemin meninggal dalam usia 96 tahun akibat leukemia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News