Abu Sayyaf Kembali Bajak Kapal, 1 WNI Tertembak

Abu Sayyaf Kembali Bajak Kapal, 1 WNI Tertembak
Ilustrasi. Foto: Radar Tarakan

jpnn.com - TARAKAN – Kelompok Abu Sayyaf kembali diduga melakukan pembajakan kapal. Kali ini, kelompok itu membajak kapal TB Henry yang menarik tongkang Christy, Selasa (12/4) lalu.

Sepuluh warga negara Indonesia berada di kapal itu. Pembajakan terjadi ketika kapal dalam perjalanan dari Kota Cebu, Filipina kembali menuju Tarakan. Tepatnya pada titik koordinat 4*-31'26'' N/ 119*-00''00" E atau sekitar 15 mil dari Tawau, Malaysia.

Komandan Patroli Kantor Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan Syaharuddin mengatakan, informasi terakhir yang diperolehnya, TB Henry dan tongkang Chiristy saat ini sudah berada di Lahad Datu, Malaysia.

Dari sepuluh WNI tersebut, enam orang awak kapal berhasil diselamatkan Polisi Maritim Malaysia. Sedangkan sisanya masih disandera oleh kelompok Abu Sayyaf.

“Dari enam orang ini, satu orang WNI yang bernama Lambas Simangkulat (Oiler) terkena luka tembak. Saat ini sudah berada di Rumah Sakit Semporna, Malaysia, untuk menjalani perawatan lebih lanjut,” ujarnya kepada Radar Tarakan, Sabtu (16/4) kemarin. (jnr/ash/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News