Acara Kumpul LGBTQIA+ Batal, Panitia Nilai Jakarta Tidak Aman

Acara Kumpul LGBTQIA+ Batal, Panitia Nilai Jakarta Tidak Aman
Ilustrasi tolak pasangan sejenis atau LGBT. Foto: Dok ANTARA

jpnn.com, JAKARTA - Penyelenggara ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) yang diorganisir oleh ASEAN SOGIE Caucus memutuskan batal menggelar kegiatan tersebut di Jakarta pada 17-21 Juli 2023 nanti.

“Kami merelokasi tempat acara menjadi di luar Indonesia, setelah menerima serangkaian ancaman keamanan dari berbagai pihak,” tulis panitia ASEAN SOGIE Caucus dalam keterangan resmi, Rabu (12/7).

Penyelenggara mengaku telah memonitor situasi dengan sangat teliti termasuk gelombang “anti-LGBT” di media sosial. Keputusan yang dibuat memastikan keselamatan dan keamanan dari partisipan dan panitia.

Mereka menegaskan bahwa acara tersebut adalah dialog dengan kelompok-kelompok yang terpinggirkan, termasuk pihak yang didiskriminasi berdasarkan orientasi seksual, identitas gender, ekspresi gender, dan karakteristik seks mereka (SOGIESC).

“Visi bersama kami tentang kawasan ASEAN yang inklusif didasarkan pada keberadaan ruang aman bagi masyarakat sipil dan pemegang hak untuk belajar tentang lembaga tersebut. Untuk membahas masalah yang penting bagi mereka,” kata penyelenggara.

Penyelenggara menuturkan bahwa acara tersebut juga membahas sejumlah isu tentang ancaman terhadap eksistensi kehidupan dan martabat yang merupakan bagian dari kenyataan sehari-hari yang dihadapi oleh kelompok LGBTQIA+.

“Kebencian di dunia maya, serangan langsung terhadap para pembela hak asasi manusia, serta pembalasan terhadap pelaksanaan hak-hak sipil dan politik, merupakan masalah yang kami hadapi dan harus ditangani oleh pemerintah,” tutur ASEAN SOEGI Caucus.

Sebelumnya, Komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender, queer, questioning, intersex, or asexual (LGBTQIA) se-ASEAN berencana menggelar kumpul bareng di Jakarta pada 17-21 Juli 2023.

Penyelenggara ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) yang diorganisir oleh ASEAN SOGIE Caucus memutuskan untuk membatalkan penyelanggaraan AAW di Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News