ACER Mendorong Reformasi Pendidikan Berbasis riset

ACER Mendorong Reformasi Pendidikan Berbasis riset
Chief Executive Officer Australian Council for Educational Research (ACER), Prof. Geoff Masters melakukan pertemuan dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim. Foto dok. ACER

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu organisasi riset pendidikan terdepan di dunia, Australian Council for Educational Research (ACER), memiliki komitmen untuk berkontribusi dalam reformasi sistem pendidikan. 

Caranya, dengan menyediakan masukan berbasis bukti terhadap berbagai kebijakan serta memperkaya praktik baik pembelajaran melalui berbagai pendekatan holistik inovatif. 

Chief Executive Officer Australian Council for Educational Research (ACER), Prof. Geoff Masters berbagi hasil risetnya terkait sistem pembelajaran di lima negara dengan performa PISA (Programme for International Student Assessment) terbaik.

Pada akhir November 2023 lalu, Prof Geoff memaparkan hasil studinya dalam acara "Annual Joint Education Sector Joint Review" yang diadakan UNICEF GPE serta Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek.

Dalam paparannya, Prof. Geoff Masters membahas sistem pembelajaran yang fokus dalam kurikulum dan asesmen, dukungan untuk guru, pimpinan sekolah, murid, serta ekosistem yang mendukung pembelajaran.

"Riset dapat disebut sebagai bentuk tertinggi upaya pencarian pengetahuan serta informasi dan mampu memberikan pembacanya relevansi serta validitas dalam suatu bidang spesifik," ujar Prof. Geoff dalam keterangannya dikutip, Jumat (8/12).

Riset yang baik, lanjut Prof. Geoff memiliki kapasitas untuk mengekplorasi kemungkinan-kemungkinan yang sebelumnya tidak terbayangkan serta mengombinasikan simpulan serta solusi yang kaya dan interdisipliner.

"Berdasar hal-hal di atas, riset menjadi vital perannya sebagai sumber yang netral dan komprehensif dalam suatu pengambilan keputusan," ungkapnya.

Australian Council for Educational Research (ACER) mendorong reformasi pendidikan berbasis riset.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News