Acne Scar Pengaruhi Kondisi Psikologis

Acne Scar Pengaruhi Kondisi Psikologis
ilustrasi.
SURABAYA - Bagi sebagian orang, jerawat menjadi persoalan penting hingga memengaruhi psikologis. Terutama kaum remaja. Salah satu imbas yang sering dikeluhkan adalah acne scar atau bekas jerawat.

Menurut dr David Sudarto Oeria SpKK hampir 100 persen orang pernah berjerawat. Perempuan, kata dia, lebih banyak berjerawat karena masa pubertas mereka lebih dini dibanding pria.

Pada beberapa perempuan, jerawat bisa muncul walau berusia lebih dari 25 tahun. Hal itu disebabkan faktor hormonal. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya minyak yang menumpuk dan menyumbat di pori-pori wajah. Selain itu, ada faktor genetis serta faktor lain seperti pola makan.

Namun, jika dibanding jerawat, bekasnya malah lebih banyak dikeluhkan remaja. Bahkan, hal itu bisa mengganggu psikologis karena berpengaruh terhadap rasa percaya diri. David mengungkapkan, dalam berbagai penelitian disebutkan, anak-anak atau remaja yang berjerawat kurang percaya diri. Personality mereka juga kurang baik.

SURABAYA - Bagi sebagian orang, jerawat menjadi persoalan penting hingga memengaruhi psikologis. Terutama kaum remaja. Salah satu imbas yang sering

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News