Ada 110 Kota yang Bebas Kasus Corona, Doni Beberkan Resepnya

Ada 110 Kota yang Bebas Kasus Corona, Doni Beberkan Resepnya
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto: Humas BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona, Doni Monardo mengungkapkan ada 110 kabupaten atau kota yang belum memiliki kasus Covid-19.

Nantinya, kata Doni, pihaknya akan memberikan relaksasi terhadap daerah-daerah yang tidak memiliki kasus Covid-19 atau yang berhasil menekan angka penyebaran virus Corona itu.

"Adapun untuk daerah-daerah yang nantinya akan dibuka dapat kami sampaikan ada dua kriteria di sini," kata Doni melalui telekonferensi, Rabu (27/5).

"Pertama adalah daerah-daerah yang sama sekali belum ada kasus. Terdapat 110 kabupaten atau kota di mana terdiri dari 87 di wilayah daratan dan 23 di wilayah kepulauan."

Doni menerangkan pihaknya akan memberikan tawaran membuka akses terhadap 87 kabupaten atau kota. Dengan rincian 65 di wilayah daratan dan 22 di wilayah kepulauan.

"Daerah-daerah ini nyaris steril dari ancaman covid, tetapi belum tentu selamanya akan tetap aman. Minggu yang lalu kami telah berkomunikasi dengan para pimpinan yaitu para bupati dan wali kota tentang kenapa daerah mereka ini bisa aman dari covid," kata dia.

Menurut Doni, setelah pihaknya mendengarkan paparan mereka, diambil kesimpulan masyarakat lokal memiliki tingkat kesadaran dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Selain itu, kerja sama antara tokoh setempat dengan pemerintah daerah sampai tingkat RT, termasuk bagus.

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona, Doni Monardo mengungkapkan ada 110 kabupaten atau kota yang belum memiliki kasus corona baru (Covid-19).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News