Ada 387 Formasi PPPK 2023 untuk Temanggung, Guru Paling Banyak

Ada 387 Formasi PPPK 2023 untuk Temanggung, Guru Paling Banyak
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung Ripto Susilo. ANTARA/Heru Suyitno

jpnn.com - TEMANGGUNG - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung Ripto Susilo mengatakan Temanggung pada tahun ini tidak mendapatkan alokasi perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS), melainkan hanya formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Hanya mendapatkan alokasi 387 PPPK," kata Ripto di Temanggung, Rabu (6/9). Dia menjelaskan dari 387 itu, 377 merupakan formasi PPPK guru, lima tenaga kesehatan dan lima tenaga teknis.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo, pada pengusulan 2023 pihaknya mendapat 377 formasi guru PPPK, untuk jenjang SD dan SMP.

Menurut dia, sebenarnya 377 formasi itu belum memenuhi seluruh kebutuhan guru.

Sebab, sampai saat ini Kabupaten Temanggung masih mengalami kekurangan guru 1.200 orang.

Hal itu dikarenakan ada yang purnatugas, meninggal, dan sebagainya.

"Kalau nanti bisa terisi 377 guru PPPK, berarti masih ada kekurangan sekitar dua pertiga. Kami sudah usulkan semua formasi," ujarnya.

Menurut dia, hal itu mengingat kemampuan keuangan daerah. Sebab, pada 2024 ada pilkada, dan kebutuhan lain pemda, sehingga tidak bisa memaksakan untuk mengisi kekurangan 1.200 formasi.

Temanggung pada tahun ini tidak mendapatkan alokasi CPNS, tetapi hanya menerima 387 PPPK. Formasi terbanyak untuk guru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News