Kongres PAN

Ada 4 Caketum PAN, Siapa yang Didukung Amien Rais

Ada 4 Caketum PAN, Siapa yang Didukung Amien Rais
Amien Rais. (Foto: Dok JPNN.com)

jpnn.com, KENDARI - Partai Amanat Nasional akan menggelar Kongres Nasional V di Kendari Sulewesi Tenggara, 10-12 Februari untuk menetapkan Ketua Umum periode 2020-2025.

Pada Pemilihan Umum 2019, perolehan kursi PAN di DPR RI menurun. Partai yang berdiri setelah reformasi itu hanya mendapat urutan kedelapan dari sembilan partai politik yang lolos ke Senayan.

PAN mendapat 44 kursi pada Pemilu 2019 atau menurun empat kursi dari periode sebelumnya.

Ada yang merasa salah satu faktor penyebab suara PAN turun adalah kesalahan manajerial, seperti yang dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Noviantika Nasution.

"Kalau DPP melakukan proses tata kelola yang baik, tentu ke bawahnya akan baik juga," katanya kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (18/1).

Oleh karena itu, Noviantika berpendapat jika calon ketua umum (caketum) PAN perlu memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dan sosok yang memiliki kapasitas mumpuni."Itu diperlukan agar kursi PAN tidak lagi menurun," ucap Noviantika.

Hingga saat ini, ada empat nama yang masuk bursa caketum PAN. Mulai dari mantan menteri, anggota DPR RI, hingga Wakil Ketua MPR RI.

Empat nama itu ialah Asman Abnur, Drajad Wibowo, Mulfachri Harahap, dan Zulkifli Hasan. Namun, hanya Zulkifli Hasan yang belum memasukkan berkas dan formulir pendaftaran kepada panitia pengarah Kongres V PAN.

PAN akan menggelar Kongres Nasional V di Kendari Sulewesi Tenggara, 10-12 Februari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News